Robert Fernando Turnip|Semoga Anda Senang|

counter

Kamis, 14 November 2013

BAGIAN DARAH DAN FUNGSINYA

Komposisi darah manusia
Darah adalah satu dari sekian macam cairan yang ada di dalam tubuh manusia. Dalam keadaan normal, komposisi darah manusia adalah plasma darah, sel darah, protein, dan zat terlarut lainnya. Plasma darah merupakan bagian darah yang berbentuk cairan jernih kekuningan yang 90% nya adalah air dan bertugas untuk mengedarkan sari makanan ke seluruh tubuh. Sel darah terdiri dari 3 macam, yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit). Sel-sel darah ini berasal dari satu induk yang sama, yaitu hemocytoblast.
Gambar 1. Bagan pembentukan sel darah
Sel darah manusia
 Sel darah manusia mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan tugas yang diembannya.
1.         Sel darah merah (eritrosit), mempunyai bentuk bulat pipih dan cekung di bagian tengahnya. Sel  darah ini berfungsi untuk mengikat oksigen dan mengangkut (mengedarkannya) ke seluruh tubuh, selain itu eritrosit juga bertugas untuk mengangkut karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru.

Gambar 2. Sel darah merah
2.         Sel darah putih (leukosit), mempunyai bentuk lebih besar daripada eritrosit, tidak berwarna, dapat bergerak,  mempunyai kemampuan untuk menembus dinding pembuluh darah, dan mempunyai inti. Sel darah ini bertugas untuk memakan dan menghancurkan bibit penyakit atau benda asing yang masuk ke dalam tubuh.  Jika di dalam tubuh terjadi infeksi, maka jumlah leukosit akan meningkat.

Gambar 3. Sel darah putih
3.         Keping darah (trombosit), ukurannya lebih kecil dibandingkan dua sel darah lainnya, bentuknya tidak teratur, dan tidak berinti. Jika terjadi luka yang berdarah, maka keping darah berfungsi untuk membekukannya dan menutup luka tersebut.

Gambar 4. Keping darah
Fungsi darah bagi manusia
Selain fungsi yang sudah disebutkan di atas, yaitu sebagai alat pengangkut (oksigen, karbon dioksida, zat makanan, hormon, dan urea), membunuh kuman penyakit, dan menutup luka, ternyata darah juga mempunyai fungsi lain, yaitu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.
Saat badan menjadi terlalu panas, pembuluh kapiler di bawah kulit menjadi lebih besar sehingga lebih banyak darah dapat mengalir melewatinya. Karena lebih banyak darah mengalir dekat permukaan kulit, panas hilang dan badan mulai menjadi dingin. Proses sebaliknya terjadi bila badan terlalu dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar